Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI / 2 (Dua)
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi : Menganalisa kelompok sosial
I. Kompetensi Dasar 2.1 : Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam
masyarakat Multikultural
masyarakat Multikultural
II. Tujuan Pembelajaran : Memahami Konsep tentang masyarakat Multikultural
III. Indikator : Mendeskripsikan tentang konsep masyarakat Multikultural
IV. Uraian Materi : 1. Konsepsi tentang masyarakat multikultural di Indonesia
2. Ciri-ciri masyarakat multikultural
V. langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
|
1. Apersepsi
2. Penyampaian tujuan pembelajaran
3. Pembentukan kelompok
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
a. Guru membagikan dua potongan kertas kepada tiap siswa.
b. Minta siswa untuk melengkapi pernyataan
Kertas 1 : Saya masih punya pertanyaan
Kertas 2 : Bisa menjawab tentang
c. Buat kelompok kecil, minta masing-masing memilih pertanyaan (Pertanyaan yang dipilih adalah pertanyaan yang dibuat oleh guru).
d. Minta masing-masing kelompok melaporkan pertanyaan yang dipilih.
e. Pertanyaan yang telah dilaporkan dimintakan jawabannya kepada siswa. Bagi yang hendak menjawab harus menyerahkan potongan kertas nomor 2. Atas jawaban itu guru memberi kesempatan kepada siswa memberikan jawaban yang sifatnya mendukung saja atau menentang saja, atau jawaban yang sifatnya ekletis. Namun, jangan lupa setiap penjawab harus menyerahkan potongan kertas nomor 2. Bagi peserta yang sudah tidak memiliki potongan kertas nomor 2 tidak diperkenankan menjawab. Apabila jawaban-jawaban tersebut masih menggugah pertanyaan, maka berikan pertanyaan itu kepada siswa yang masih memegang potongan kertas nomor1 untuk bertanya dst.
1. Jika sampai akhir sesi ada peserta yang masih memiliki
2. Potongan kertas yaitu kertas bertanya dan kertas menjawab, maka diminta siswa tersebut membuat resume atas proses tanya jawab yang sudah berlangsung. Tentu keputusan ini harus disepakai di awal.
|
70’
|
Kegiatan Akhir
|
1. Penguatan
2. Pemberian tugas tentang keanekaragaman suku bangsa, agama, ras, partai politik (untuk pertemuan berikutnya)
|
10’
|
VI. Sarana / Alat dan Sumber Belajar
6.1 Sarana :Laptop dan LCD Proyektor
6.2 Sumber Belajar : - Sosiologi SMA Kelas XI. Yudhistira
- Sosiologi SMA Kelas XI. Erlangga
- Buku lain yang relevan
VII. Penilaian
1. Data kemajuan siswa
- Tugas Kelompok : Menggali informasi melalui kajian pustaka tentang
keanekaragaman suku, ras, agama dan partai politik
2. Data hasil belajar siswa
- Tes Lisan
- Test Tulis
Pamekasan,
Guru Mata Pelajaran
Drs. NAJIBUL KHAIRI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar