Cari apa saja di sini

SILABUS MUATAN LOKAL SMA

SILABUS

Satuan Pendidikan               :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                   :  X / 1
Standar Kompetensi            :  1. Memahami  ayat-ayat Al-Qur’an  tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT

1.1     Membaca QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78


·          Q.S. Al-Baqarah; 30
·          Q.S. Al-Mukminun; 12-14
·          Q.S. Az-Zariyat; 56
·          Q.S. An Nahl: 78

·      Membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
·      Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78


·      Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
·      Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78


Jenis Tagihan:
    - Tugas Individu
- Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
- Islam dan kedokteran.

1.2     Menyebutkan arti  QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78


·          Q.S. Al-Baqarah; 30
·          Q.S. Al-Mukminun; 12-14
·          Q.S. Az-Zariyat; 56
·            Q.S. An Nahl: 78

·       Mengartikan dan menafsirkan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
·      Mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
·      Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Baqarah: 30,  Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78


·      Mampu mengartikan dan menafsirkan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78 dengan benar
·      Mampu mengartikan dan menafsirkan dan menafsirka ayat Q.S. Al-Baqarah: 30,  Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78
·      Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.




Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

1.3     Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam   QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78


·     QS. Al-Baqarah; 30
·     QS. Al-Mukminun; 12-14
·     QS. Az-Zariyat; 56
·     QS. An Nahl; 78

·      Mengidentifikasi perilaku Khalifah di bumi yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
·      Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai QS Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
·      Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

·      Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
·      Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
·      Mampu menunjukkan perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan.








Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.










SILABUS

Satuan Pendidikan               :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                   :  X / 1
Standar Kompetensi            :  2. Memahami  ayat-ayat Al-Qur’an  tentang keikhlasan dalam beribadah.


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

2.1     Membaca  QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5


·        Q.S. Al-An’am; 162-163
·        Q.S. Al-Bayyinah: 5


·          Membaca dengan fasih  Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al Bayyinah: 5
·          Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al Bayyinah : 5




·          Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
·          Mampu membaca Q.S Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar
·          Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
·          Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al Bayyinah: 5


Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

2.2     Menyebutkan arti dan menafsirkan  QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

·         Q.S. Al-An’am; 162-163
·         Q.S. Al-Bayyinah; 5

·          Mengartikan dan menafsirkan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al Bayyinah : 5
·          Mengartikan dan menafsirkan ayat Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al Bayyinah : 5
·          Mendiskusikan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al Bayyinah : 5


·          Mampu mengartikan dan menafsirkan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S Al-An’am: 162-163
·          Mampu mengartikan dan menafsirkan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S Al Bayyinah : 5
·          Mampu mengartikan ayat Q.S Al-An’am: 162-163
·          Mampu mengartikan ayat Q.S Al Bayyinah : 5


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Isian singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

2.3     Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

·        Q.S. Al-An’am; 162-163
·        Q.S. Al-Bayyinah; 5

·          Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·          Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·          Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah : 5


·          Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·          Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·          Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·          Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al- Bayyinah : 5
·          Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-Bayyinah : 5
·          Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-Bayyinah : 5





Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.



SILABUS
Sekolah                                  :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          :  X / 2
Standar Kompetensi      :  1. Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang Demokrasi


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

7.1  Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38

·       QS Ali Imran : 159
·       QS Asy-Syura : 38

·        Membaca dengan fasih QS Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
·        Mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38


·        Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
·        Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.


Jenis Tagihan:
   Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

7.2  Menyebutkan arti dan menafsirkan QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38


  • QS. Ali Imran: 159
  • QS. Asy-Syura; 38


  • Menyebutkan arti masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.
  • Menyebutkan arti dan menafsirkan -ayat Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.
  • Mendiskusikan terjemah  Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.


  • Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
  • Mampu menyimpulkan isi  kandungan  Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
  • Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy- Syura: 38.


Jenis Tagihan:
   Tugas Individu
   Tugas kelompok
   Ulangan harian

Bentuk instrumen:
   Uraian singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

7.3  Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari


  • QS Ali Imran ayat 159.
  • QS Asy-Syura : 38

  • Mengidentifikasi perilaku demokratis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38
  • Mempraktikkan perilaku demokratis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38
  • Menunjukkan perilaku demokratis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38


  • Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam QS Ali Imran;159
  • Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
  • Mampu menunjukkan manfaat perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.

Jenis Tagihan:
   Perilaku Individu

Bentuk instrumen:
 Lembar pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.



SILABUS
Satuan Pendidikan               :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                   :  XI / 1
Standar Kompetensi            :  2.  Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang kompetisi dalam  kebaikan


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT
Al Qur’an
1.1  Membaca  QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32


·       Q.S. Al Baqarah:148
·       Q.S. Fatir: 32

  • Membaca dengan fasih Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
  • Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.

  • Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
  • Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  • Mampu membuat contoh kata sesuai hukum tajwid.


Jenis Tagihan:
   Tugas Individu

Bentuk instrumen:
 Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XI.
- Buku-buku
  yang  relevan.

1.2  Menjelaskan arti dan menafsirkan QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32



·       Q.S. Al Baqarah:148
·       Q.S. Fatir: 32

  • Mengartikan dan menafsirkan setiap kata yang terdapat dalam  Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
  • Mengartikan dan menafsirkan ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32
  • Mendiskusikan terjemah  QS Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32

  • Mampu mengartikan dan menafsirkan setiap kata yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  • Mampu mengartikan dan menafsirkan ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
  • Mampu menterjemahkan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32
  • Mampu menyimpulkan intisari QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32.



Jenis Tagihan:
   Tugas Individu
   Tugas kelompok
   Ulangan harian

Bentuk instrumen:
   Uraian singkat


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

1.3  Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32



·       QS Al Baqarah:148
·       QS  Fatir : 32


  • Mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
  • Mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
  • Menunjukkan perilaku  berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.


  • Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32
  • Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
  • Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.


Jenis Tagihan:
   Tugas Individu

Bentuk instrumen:
 Lembar pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.
 


SILABUS
Satuan Pendidikan               :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                   :  XI / 1
Standar Kompetensi            :  3. Memahami ayat-ayat  Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum  dhuafa


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

2.1 Membaca  QS Al Isra:  26–27 dan QS Al-Baqarah: 177


  • Al Quran Surat Al Isra : 26-27
  • Al Quran Surat Al Baqarah : 177

  • Membaca  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177

  • Mampu membaca  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
  • Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mampu membuat contoh kalimat sesuai dengan hukum tajwid.


Jenis Tagihan:
  Tugas Individu

Bentuk instrumen:
 Lembar  pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

2.2     Menjelaskan arti dan menafsirkan QS Al-Isra: 26-27 dan  QS Al Baqarah: 177


  • QS Al Isra : 26-27
  • QS Al Baqarah : 177

  • Mengartikan per-kata dan menafsirkan Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mengartikan per-ayat dan menafsirkan Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mendiskusikan kandungan  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177


  • Mampu mengartikan dan menafsirkan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mampu mengartikan dan menafsirkan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mampu mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177

Jenis Tagihan:
  Tugas Individu
  Tugas kelompok
  Ulangan harian

Bentuk instrumen:
  Uraian singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

2.3     Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam  QS Al-Isra: 26-27 dan  QS Al Baqarah: 177


·Al Quran Surat Al Isra: 26-27
· Al Quran Surat Al Baqarah: 177

  • Mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Menunjukkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177


  • Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
  • Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177


Jenis Tagihan:
Tugas Individu


Bentuk instrumen:
 Lembar pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.



SILABUS
Sekolah                                  :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                   :  XI / 2
Standar Kompetensi            :  1.  Memahami ayat-ayat   Al  Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

7.1   Membaca QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27


  • Q.S. Ar-Rum; 41-42
  • Q.S. Al-A’raf;56-58
  • Q.S. As-Shad; 27

·         Membaca Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·         Mengidentifikasi tajwid Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27


·         Mampu membaca Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
·         Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.


Jenis Tagihan:
   Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

7.2   Menjelaskan dan menafsirkan arti  QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27


  • QS Ar-Rum; 41-42
  • QS Al-A’raf;56-58
  • QS As-Shad; 27

·         Mengartikan dan menafsirkan setiap kata yang terdapat dalam  Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·         Mengartikan dan menafsirkan ayat Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·         Mendiskusikan terjemah Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27


·         Mampu mengartikan  setiap kata yang terdapat dalam Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·         Mampu mengartikan dan menafsirkan ayat Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·         Mampu menterjemahkan Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27


Jenis Tagihan:
   Tugas individu
   Ulangan harian

Bentuk instrumen:
   Uraian singkat


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

7.3   Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27


  • QS Ar-Rum; 41-42
  • Al-A’raf;56-58
  • As-Shad; 27

  • Mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
  • Mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  • Menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.


  • Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
  • Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  • Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.


Jenis Tagihan:
   Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.



SILABUS
Satuan Pendidikan               :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                   :  XII/ 1
Standar Kompetensi            : 2. memahami  ayat-ayat  al-Qur’an  tentang anjuran bertoleransi.


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

1.1     Membaca  QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29


·       QS Al-Kafirun
·       QS Yunus; 40-41
·       QS Al-Kahfi; 29

  • Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.

  • Mampu membaca QS Al kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan benar
  • Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29 dengan benar


Jenis tagihan :
  Tugas individu

Bentuk instrumen :
  Lbr Pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

1.2     Menjelaskan arti dan menafsirkan QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29


·       QS Al-Kafirun
·       QS Yunus; 40-41
·       QS Al-Kahfi; 29

  • Mengartikan dan menafsirkan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mengartikan dan menafsirkan ayat QS Al kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mendiskusikan terjemah QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.


  • Mampu mengartikan dan menafsirkan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mampu mengartikan dan menafsirkan ayat QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mampu menterjemahkan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.


Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen :
  Uraian singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

1.3     Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29


·         QS. Al-Kafirun
·         QS. Yunus; 40-41
·         QS. Al Kahfi : 29


  • Mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mempraktikkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Menunjukkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.



  • Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mampu mempraktikkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mampu menunjukkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.



Jenis tagihan :
  Tugas Individu
  Ulangan

Bentuk instrumen :
  Uraian bebas

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.



SILABUS
Satuan Pendidikan               :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                   :  XII/ 1
Standar Kompetensi            :  3. memahami  ayat-ayat  al-Qur’an  tentang etos kerja.


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

2.1      Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10



  • Q.S. Al-Mujadalah : 11
  • Q.S. Al-Jumuah :  9-10

  • Membaca QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mengidentifikasi tajwid QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.


  • Mampu membaca QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10 dengan baik dan benar
  • Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.


Jenis tagihan :
  Tugas individu

Bentuk instrumen :
 Lbr  pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

2.2     Menjelaskan arti dan menafsirkan QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10


·       Q.S. Al-Mujadalah : 11
·       Q.S. Al-Jumuah :  9-10

  • Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mengartikan dan menafsirkan ayat  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mendiskusikan terjemah QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10


  • Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mampu mengartikan dan menafsirkan ayat  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mampu menterjemahkan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10


Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen :
  Uraian singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

2.3       Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10


·          QS Al-Mujadalah : 11
·          QS. Al-Jumuah : 9-10

  • Mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan   QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan  QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10


  • Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan   QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan  QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10


Jenis tagihan :
  Tugas individu

Bentuk instrumen :
 Lmbr pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.



SILABUS
Satuan Pendidikan               :  SMA As-Saifiyah Syafi’iyah Batumarmar
Mata Pelajaran                       :  Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester                   :  XII/ 2
Standar Kompetensi            :  1. Memahami  ayat-ayat  al Quran  tentang pengembangan IPTEK.


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

7.1   Membaca  QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164


·         Al Quran Surat  Yunus; 101
·         Al Quran Surat Al-Baqarah: 164

·         Membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
·         Mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.


·         Mampu membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
·         Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.


Jenis tagihan :
  Tugas individu

Bentuk instrumen :
  Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

7.2       Menjelaskan arti dan menafsirkan QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164


·           Al Quran surat Yunus; 101
·           Al Quran Surat Al Baqarah: 164


·         Mengartikan dan menafsirkan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
·         Mengartikan dan menafsirkan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
·         Mendiskusikan terjemah Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164


·         Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
·         Mampu mengartikan dan menafsirkan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
·         Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164


Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen :
  Uraian singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

7.3       Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164


·           Al Quran surat Yunus; 101
·           Al Quran Surat Al Baqarah: 164


·         Mendiskusikan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
·         Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang  pengembangan IPTEK

·         Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
·         Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK


Jenis tagihan :
  Ulangan
  Tugas individu

Bentuk instrumen :
 Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Tafsir Al Qur’an
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.

Pamekasan, 1 Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah,





Drs. NAJIBUL KHAIRI

Guru Mata Pelajaran,





Ust. MOH. HASAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau bergabung klik FOLLOW berikut ini :

Total Kunjungan