Cari apa saja di sini

Sapi Terbesar di Dunia

Bagi masyarakat Madura pada umumnya, sapi identik dengan aktivitas keseharian, mulai dari bekerja di sektor pertanian sampai masalah tabungan selalu terkait dengan sapi. Kegemaran masyarakat Madura pada sapi ini semakin marak dengan adanya tradisi sonok, yakni semacam kontes yang menilai besar,  bentuk dan penampilan sapi, sebagaimana kontes sapi sonok yang diselenggarakan di desa Batukerbuy, kec Pasean, Pamekasan beberapa waktu lalu mengistilahkan kontes sapi sonok ini sebagai Kontes Kecantikan Sapi Sonok.

Jelas di sini bahwa sapi yang menjadi peserta kontes adalah sapi yang ukurannya besar dengan bentuk yang "cantik" menurut kriteria yang telah mereka buat. Pada event ini sapi ukuran besar dengan bentuk yang "cantik" berlomba menjadi peserta kontes. Tradisi turun temurun ini tentunya memacu semangat masyarakat untuk bisa memelihara sapi dengan bentuk bagus dan ukuran besar untuk diikut sertakan pada kontes sapi sonok. Adalah dampak logis apabila sapi-sapi di daerah ini banyak yang berukuran besar dengan bentuk ideal.Bertolak dari kondisi ini muncul pertanyaan, apakah dari daerah Madura ini telah muncul Sapi Terbesar Di Dunia ? atau setidaknya terbesar di Indonesia ?
Saya tidak tahu pasti mana Sapi Terbesar Di Dunia, Namun dari data yang saya temukan, agak jauh kaitannya dengan sapi Madura, berikut ini ada beberapa referensi 3 Sapi Terbesar Di Dunia yang telah tercatat di rekor,  tambah-tambah ilmu deh tentang Sapi Terbesar Di Dunia.
Penasaran mana Sapi Terbesar Di Dunia ? cek aja berikut ini :Dengan Berat 1.60 Ton, Sapi yang berada di Ingris (Britain) ini adalah sapi terbesar di Dunia. Weew dagingnya berasa. Dagingnya yang montok
Chilli adalah sapi jantan jenis FH terbesar di dunia dengan berat lebih dari 1 ton dan tingginya hampir mencapai 2 meter (+/- 197 cm) atau hampir sama dengan ukuran sebuah gajah kecil.
Sapi FH memang salah satu jenis sapi perah yang unggul dalam menghasilkan susu. Sapi FH terkenal dengan produksi susunya yang tinggi, bisa mencapai lebih dari 6350 kg/tahun dengan persentase kadar lemak susu 3-7%.
Bibit sapi FH yang unggul menjadi sangat penting karena akan menentukan hasil produksi susu di masa yang akan datang. Seekor sapi perah dara yang akan dijadian bibit unggul calon induk sebaiknya berasal dari induk dan pejantan yang menghasilkan produksi susu tinggi.
Bisa anda bayangkan bila semua ukuran sapi bisa dibuat sebesar ini maka satu sapi bisa untuk makan 1 kelurahan atau bahkan kabupaten.
Di Indonesia seekor sapi seberat 1,2 ton diklaim sebagai hewan kurban terberat di Indonesia.
Rencananya, penyembelihan sapi ‘raksasa; ini akan dicatatkan di Museum Rekor Indonesia sebagai ‘Sapi kurban terberat’ di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau bergabung klik FOLLOW berikut ini :

Total Kunjungan